1. Kejelekan Rokok
a. Merokok adalah penyebab penyakit yang utama disemua Negara dimana penduduknya merokok.
b. Yang dirugikan bukan saja orang yang merokok itu sendiri, tetapi juga anak, isteri dan orang lain yang menghirup asap rokok tersebut. (second-hand smokers), karena sudah ditambah dengan CO2, sisa pembakaran O2 (Oxygen).

2. Statistik Mengamankan
Tahun 1964 di Indonesia ditemukan dan diumumkan oleh Menteri Kesehatan bahwa merokok mengakibatkan kanker. Sejak itu jumlah perokok drastis menurun. Pada tahun berikutnya 6 dari 10 perokok langsung berhenti merokok dan tahun 1990 1 dari sisa 4 yang bertahan dan tetap menjadi perokok.
Dari penduduk Indonesia yang 250 juta, hanya 1 dari 6 penduduk yang masih merokok. Indonesia adalah Negara urutan ke 70 dari 87 negara yang penduduknya merokok (saya tidak tahu Indonesia dalam urutan keberapa).

3. Kematian di Indonesia Per Tahun Akibat dari :
a. Rokok (1 dari 5 kematian) 458.000
b. Alkohol 107.000
c. Virus 90.000
d. Keracunan 60.000
e. Penyakit Kelamin 40.000
f. Akibat Senjata 35.000
g. Kendaraan Bermotor 25.000
h. Narkoba 20.000

4. Data Akibat Rokok di Indonesia
Kematian akibat rokok 20 x kematian akibat narkoba. Merokok memendekkan umur 21 tahun, artinya seorang yang tidak merokok yang diharapkan hidup 83 tahun, orang yang sama akan hidup 62 tahun bila merokok).
a. 1 dari 4 perokok mati premature (dini/muda). Didaerah yang persentase perokok cukup tinggi. Eropa Timur 50% mati setengah umur 50% kematian adalah akibat rokok
Mempunyai angka perbandingan kematian tertinggi Eropa Barat 33,3% mati setengah umur 14 juta kematian akibat rokok setiap tahun

5. Statistik WHO
Secara dunia WHO memperkirakan kematian setahun akibat rokok 3 juta. Apabila trend ini tidak berubah pada tahun 2020 atau awal 2030, akan meningkat menjadi 10 juta. Itu berarti sampai tahun 500 juta akan meninggal karena rokok (10% dari penduduk dunia, atau 2 x penduduk AS).

6. Jenis Kanker akibat Rokok 17 Jenis Kanker
Bibir, mulut, kerongkongan, jalan pernapasan, esophagus, perut, liver, pancreas, bladder, ginjal, kandungan, darah (leukemia), usus, kulit, payudara dan zakar. 150.000 perokok di Indonesia mati setiap tahun akibat rokok, 1 dari 3 kematian akibat kanker adalah karena rokok.
Dlbanding dengan orang yang tidak merokok, kematian perokok akibat kanker paru-paru :
1 – 9 batang sehari 4,6
10 – 19 batang sehari 9,6
20 – 39 batang sehari 14,7
40 + batang sehari 19,7
Seorang berumur 45 – 54 dan merokok lebih dari satu pak sehari meningkat resiko mendapat serangan jantung 4 x lipat. Bagi umur yang lebih tua resiko lebih besar lagi.

7. Rokok dan Penyakit Paru-Paru
Tembakau itu melumpuhkan kemampuan membersihkan dari paru-paru. Rambut halus cilia yang diselaputi lendir untuk menangkap debu/kotoran akan lumpuh karena zat-zat formaldehyde, hydrogen cynide, detrogen dioxide, ammonia yang terdapat dalam asap rokok.

8. Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah
Penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah adalah akibat langsung dari zat-zat yang dihasilkan oleh asap rokok, pembuluh darah yang menyempit sangat mengurangi aliran oxygen kejantung dan otak ditambah dengan penyumbatan karena endapan kolesterol akibatnya akan sangat fatal.
Kedua penyakit ini bila digabung, menyebabkan kematian kira-kira 1,5 juta setahun, melebihi jumlah kematian akibat semua penyakit-penyakit yang lain.

9. Bahaya Lain Akibat Rokok
a. Menurunkan Kadar HDL (Kolesterol baik)
b. Dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil yang merokok
c. Gangguan pada pembentukan dan perkembangan bayi yang sedang dikandung
d. Merokok menurunkan kwalitas hidup seseorang, karena tulang menjadi tidak kuat dan rapuh. Memudahkan mendapatkan penyakit tulang belakang. Membuat hormone menjadi abnormal. Membuat kehilangan tenaga dan gampang capek. Mempercepat pengerutan kulit, membuat sukar tidur. Memicu ketuaan, dan kehilangan kegesitan. Melemahkan organ-organ lain dalam fungsinya.

10. Gejala yang dialami orang yang berhenti merokok
a. Keinginan keras untuk merokok kembali
b. Sakit kepala
c. Rasa cemas dan gusar
d. Mudah tersinggung dan marah
e. Sukar konsentrasi
f. Sukar tidur
g. Rasa lapar dan selera makan meningkat &nb sp;

Solusi
a. Tetap bertekad dan memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga.
b. Membuang jauh-jauh semua rokok dan yang ada kaitannya dengan rokok dan baunya.
c. Bernafas panjang-panjang
d. Gerak badan (Exercise) setiap hari
e. Mengambil waktu tidur lebih banyak
f. Banyak minum
g. Banyak mandi
h. Jauhi kopi, alcohol, makanan berat dan berbumbu banyak
i. Jauhi semua yang mengingatkan kepada rokok, seperti kursi dimana biasa anda duduk merokok, ruangan dimana biasa anda merokok, jauhkan diri dari orang yang merokok.

Iklan